makanan untuk orang tua

3 Tips Memilih Makanan untuk Orang Tua

Seiring bertambahnya usia, fungsi indra perasa dan penciuman seseorang mulai menurun, bahkan fungsi saluran percernaan juga mulai melambat. Hal ini bisa mengakibatkan porsi makan yang mulai semakin berkurang.

Bukan hanya itu saja, penurunan fungsi otak juga mengakibatkan buruknya kondisi emosi dan depresi. Berikut kami akan mengulas 3 tips memilih makanan untuk orang tua, antara lain yakni:

Apa sajatips memilih makanan untuk orang tua?

 

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Banyak Mengandung Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan tentu adalah hal yang kurang baik bagi kesehatanan anda, terutama bagi lansia. Kadar gula yang berlebihan dalam tubuh kurang baik, besar kemungkinan bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan juga sering membuat tubuh lebih cepat lapar, hal ini berakibat cenderung makan secara berlebihan.

  1. Harus Mengurangi asupan garam

Garam merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap rasa. Namun, mengonsumsi garam secara berlebih juga tidak baik bagi kesehatan, terlebih bagi lansia. Oleh sebab itu, hindari penggunaan garam secara berlebihan pada masakan anda.

Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan resiko hipertensi. Selain itu bagi lansia yang sudah memiliki riwayat hipertensi, sebaikanya hindari mengonsumsi maakanan yang mengandung garam berlebih. Sebab dapat mengingkatkan ternjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung.

  1. Perlu Menerapkan Pola Makan Teratur

Semakin bertambahnya usia fungsi tubuh mulai menurun, mulai dari fungsi indra penciuman dan indra perasa. Hal ini mengakibatkan menunurunnya pola makan. Terutama bagi lansia untuk melakukan aktifitas, pastinya tubuh membutuhkan energi.

Pola makan yang teratur dapat memenuhi nutrisi dalam tubuhnya tetep terjaga. Hal ini sangat baik untuk kesehatan, terlebih lagi untuk lansia, yang mana dengan menerapkan pola makan yang teratur bisa menurunkan resiko maltutrisi.

Anda juga bisa menyelingi makanan utama dengan snack sehat, seperti buah dengan potongan kecil. Dengan pola makan yang seperti ini bisa mencegah lansia dari kekenyangan, perut kembung, dan juga dapat menjaga energi sepanjang waktu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.