Menikah Murah Biaya Cukup Rp 7 Juta? Bisa Kok, Tiru Trik Pasangan Pengantin Ini

Baru baru ini sebuah video pernikahan tanpa pelaminan viral di media sosial. Video ini menuai perhatian, hingga ditonton sebanyak 1,4 juta kali. Rekaman video viral pernikahan tanpa pelaminan tersebut pertama kali dibagikan melalui akun TikTok TikTok @ridwansonjaya2 pada, Selasa (6/4/2021).

Terlihat kedua mempelai tengah berada di luar rumah, tanpa kursi pelaminan, pengantin tersebut hanya duduk di kursi sofa. "Pasangan pengantin ini bikin saya terharu. Pas saya tanya kenapa enggak pakai pelaminan mas? Bukannya gak mau pakai pelaminan mas." "Hanya saja uangnya kami tabung untuk kebutuhan lain," keterangan yang tertulis di video tersebut.

Pasangan pengantin dalam video itu bernama Saraswati (21) dan Agung Darmawan (24). Mereka menggelar pernikahan di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (6/4/2021) lalu. Saat dihubungi, Saras membenarkan dirinya dan suami menikah tanpa pelaminan. Acara akad nikah dan resepsi Sarah hanya digelar secara sederhana.

Ia dan suami memilih duduk di kursi sofa biasa dibanding di kursi pelaminan seperti pengantin lainnya. "Iya benar, duduknya hanya di sofa itu saja," ujarnya, Kamis (8/4/2021). Ia mengungkapkan, menikah secara sederhana merupakan keinginan mereka saat masih pacaran.

Keduanya sepakat menikah dengan sederhana dan hanya ingin berjalan lancar. "Awalnya kita bikin kesepakatan waktu kita masih pacaran. Kita sepakat merencanakan pernikahan yang sederhana," ungkap dia. Selain itu, Saras dan suaminya juga ingin menggunakan uangnya untuk kebutuhan setelah menikah.

"Kita juga memikirkan buat kedepannya, karena nikah itu buat selamanya, bukan hanya sementara," katanya. "Kita sepakat buat memikirkan kedepannya buat menjalani rumah tangga," jelas Saras. Ia dan suami mendapat tanggapan baik dari keluarga saat menyampaikan rencana pernikahan sederhana tersebut.

"Kita buat rencana menikah dengan sederhana itu secara matang." "Alhamdulillah kedua pihak keluarga menyetujui kesepakatan dari ide kita," imbuh Saras. Sarah mengaku tak malu menggelar pernikahan tanpa pelaminan dan dengan prosesi yang sederhana.

"Yang paling penting itu pernikahannya sah, bukan mewahnya," ujarnya. "Jadi buat apa kita harus malu karena pernikahan yang sederhana seperti ini," jelasnya. Saras mengaku menggelar pernikahan sederhana agar tak banyak biaya yang dikeluarkan.

Dirinya dan suami ingin menggunakan uang yang dimiliki untuk kebutuhan setelah menikah. "Iya memang benar kita ingin menghemat buat biaya pernikahan," katanya. "Soalnya setelah pernikahan, kita juga harus memikirkan buat ke depannya," sambungnya.

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk pernikahannya tersebut yakni sekira Rp 7 juta. "Bicara soal biaya yang keluar buat pernikahan ini, kira kira habis 6 sampai 7 jutaan kurang lebih," ungkap dia. Mengenai kisahnya yang viral, keluarganya sudah melihat video TikTok tersebut.

Menurutnya, pihak keluarga senang menonton video yang viral itu. "Alhamdulillah mereka merespons dengan sangat baik," imbuhnya. Sementara itu, Saras mengaku baru mengetahui setelah videonya beredar di media sosial.

"Awalnya tidak tahu, terus lihat di grup WhatsApp keluarga ada yang kirim video itu," kata dia. Dirinya senang jika kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi pengantin lainnya. "Alhamdulillah senang, senangnya dalam artian bukan karena viralnya, tapi karena bisa menginspirasi buat khalayak."

"Bisa buat contoh karena sebuah pernikahan tidak harus selalu mewah, jika sederhana bisa bikin kita bahagia," pungkasnya. Penulis: Frida Anjani / SURYAMALANG.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.