AC Inverter terbaru

Cara Menggunakan AC Inverter Terbaru agar Awet

Salah satu jenis mesin pendingin yang saat ini banyak dicari oleh orang-orang adalah dengan dilengkapi teknologi inverter untuk menurunkan dampak dari pemanasan global. Lantas bagaimana sebenarnya cara menggunakan AC Inverter terbaru? Apakah cukup berbeda dari AC pada umumnya?

Cara Menggunakan AC Inverter Terbaru

Bagi Anda yang kerapkali keluar masuk dari kantor berbagai perusahaan, tentu akan merasakan suhu sangat berbeda karena terasa dingin di dalam ruangan. Namun sebenarnya, beberapa diantaranya masih keliru untuk menggunakan mesin pendingin tersebut. Berikut ini cara penggunaan AC Inverter:

  1. Tidak Dianjurkan Under Capacity

Under capacity yang dimaksud adalah tidak boleh memakai PH lebih kecil daripada kebutuhan ruangan. Fungsi dari PK bertingkat sendiri yakni untuk menyesuaikan keperluan pemakaian konsumen. Misalnya jika Anda memiliki kamar 4×5 meter, maka sebaiknya gunakan AC inverter pada 1,5 PK.

AC inverter merk Daikin Indonesia ini harus diperhatikan dalam pemilihan PK-nya karena akan berpengaruh dengan pemakaian energinya. PK semakin besar akan membuat daya listrik juga semakin tinggi.

  1. Memperhatikan Jarak Antara Suhu Remote dan AC

Sebenarnya ini menjadi masalah klasik diantara seluruh pemakaian AC inverter. Pengaturan suhu tidak boleh terlalu jauh atau bahkan jaraknya tidak bisa lagi dijangkau oleh mesin pendingin ruangan itu sendiri. Sepertinya, hal ini bukan menjadi masalah bagi pemakaian AC non inverter.

Namun justru menjadi masalah yang serius bagi pemakaian AC inverter. Pasalnya, penting untuk diketahui bahwa konsumsi listrik akan berkurang ketika suhu ruangan mendekati suhu remote. Jadi jangan mengatur temperature dengan selisih terlalu jauh karena akan menambah penggunaan daya.

  1. Tidak Perlu Matikan AC Saat Keluar Sebentar

Beberapa orang berpikir untuk memilih mematikan AC pada saat mereka sedang keluar ruangan karena mengira jika cara ini efektif mengirit konsumsi daya listrik. Justru hal ini membuat pemakaian listrik semakin boros.

Hal ini dikarenakan akan memerlukan daya yang lebih besar  untuk membuat compressor menyala pertama kali dibandingkan pada saat AC dalam keadaan hidup secara konsisten. Bahkan membutuhkan listrik hingga 30% daripada biasanya.

  1. Memastikan Service AC Secara Rutin

Tidak hanya pada AC inverter saja, namun semua jenis AC tentu memerlukan service secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel di dalam mesin tersebut tidak membuat compressor bekerja lebih berat.

3 bulan sekali adalah waktu paling optimal bagi Anda untuk melakukan service pada AC tersebut. Bayangkan saja apabila hal ini tidak dilakukan, maka kotoran akan menumpuk di dalam filter dan komponen lain di dalamnya sehingga efektivitas kerja menjadi berkurang.

Keempat tips di atas bisa Anda terapkan untuk membuat AC Inverter terbaru tetap awet selama pemakaiannya. Gunakan merk Daikin Indonesia besutan Jepang yang sudah dikenal berkualitas dan memiliki daya tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.