Detail Bagian Tripod yang Sering Luput Diperiksa Saat Membeli

Ketika membeli tripod ada beberapa hal penting untuk dipertimbangkan, seperti jenis pan head, dudukan, fitur dan lainnya. Namun sering kali karena terlalu fokus pada hal-hal tersebut, ada bagian kecil yang dilupakan. Padahal bagian detail kecil ini juga tidak kalah pentingnya untuk memastikan kualitas tripod yang akan Anda beli. Berikut ini detail bagian tripod yang sering luput dari perhatian:

  • Material kaki

Pertama jenis material pada kaki-kaki tripod, yang akan mempengaruhi kekukuhan tripod nantinya. Terdapat beberapa jenis material yang dapat dipilih sesuai bujet. Material terbaik adalah aluminium atau karbon yang memiliki tingkal ketahanan tinggi sehingga lebih tahan lama.

Dari kedua bahan tersebut, aluminium lebih murah namun bobotnya lebih berat. Sedangkan bahan karbon lebih mahal serta mempunyai bobot lebih ringan yang membuatnya mudah dibawa-bawa. Anda bisa memilih di antara keduanya yang paling sesuai dengan kebutuhan.

  • Jumlah section

Detail lainnya adalah jumlah section atau tekukan yang mempengaruhi ketinggian tripot serta kepraktisannya. Semakin banyak section semakin praktis tripod tersebut dan lebih mudah dibawa-bawa. Untuk jenis tripod portabel biasanya memiliki empat section, karena mudahnya dibawa bahkan ketika mendaki gunung sekalipun.

Namun perlu diingat tripod dengan section banyak yang lebih praktis, bisa jadi bagian bawah kakinya lebih tipis. Hal tersebut tentu dapat mempengaruhi keseimbangan ketika digunakan. Karenanya agar lebih aman, Anda harus rela membawa tripod yang lebih berat, karena tripod tersebut akan lebih kukuh.

  • Ketebalan kaki

Detail penting yang tidak boleh terlewat adalah ketebalan kaki tripod yang harus menyesuaikan jenis kamera serta lensa yang digunakan serta lokasi pengambilan gambar. Memang terdengar rumit, namun hal ini penting untuk mencegah terjadinya penumpukan.

Misalnya kamera mirroles dan DSLR dapat menggunakan kaki tripod berdiameter 20 mm hingga 25 mm. Namun untuk kamera DSLR tipe mid range atau lensa telephoto perlu menggunakan kaki berdiameter 25 mm hingga 30 mm. Sedangkan kaki lebih besar dibutuhkan untuk kamera DSLR advanced atau lensa telephoto superlarge yang perlu kaki berdiameter lebih dari 30 mm.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.