7 Cara Mencuci Tangan yang Benar, Tak Cukup Hanya dengan Air

Mencuci tangan adalah salah satuhal yang wajib dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid 19. Dengan mencuci tangan, seseorang bisa terhindar dari virus yang ia miliki di tangan. Misalnya setelah bepergian, memegang benda asing, atau berjabat tangan dengan orang lain.

Karenanya, mencuci tangan dengan benar mutlak hukumnya untuk dilakukan. Namun sayang, masih banyak orang yang salah dan keliru saat mencuci tangannya. Seperti mencuci tangan hanya dengan air, atau mencucinya hanya di satu sisi saja.

Kesalahan itu tentu membuat virus tidak hilang dan tetap mungkin masuk ke tubuh kita. Untuk itu, demi menjalankan protokol kesehatan yang benar, yuk Kawan Puan belajar lagi cara mencuci tangan yang benar melansir laman berikut ini. 1. Basahi tangan dengan air bersih, sebaiknya dengan air mengalir.

2. Oleskan sabun secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan dan pergelangan tangan. 3. Gosok kedua tangan dengan menyeluruh dan pastikan untuk menggosok semua telapak tangan, punggung tangan, ujung jari, sela jari, kuku, dan pergelangan tangan. 4. Gosok tangan dan pergelangan tangan setidaknya selama 20 detik.

5. Bilas tangan dan pergelangan tangan di bawah air bersih yang mengalir. 6. Keringkan tangan dan pergelangan tangan dengan handuk bersih, atau biarkan mengering. 7. Gunakan handuk atau tisu untuk mematikan keran.

Dengan melakukan 7 langkah di atas, diharapkan virus bisa mati dan tidak berisiko masuk ke tubuh. Nah Kawan Puan, selalu pastikan untuk mencuci tangan sesering mungkin ya. Terutama setelah bepergian, memegang barang asing, maupun membeli sesuatu.

Karena kewaspadaan kita adalah awal dari terputusnya rantai penyebaran virus ini. Terkait info seputar Covid 19 sendiri, atau jika kamu maupun keluarga diduga terpapar, Kawan Puan bisa menghubungi Layanan Darurat Covid 19 DKI Jakarta dan nasional. Nomor Layanan Darurat DKI Jakarta adalah 112, 081 112 112 112, dan 081 388 376 955.

Sedangkan hotline Satgas Covid 19 nasional adalah 119. (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.